Kamis, 16 Februari 2012

MACAM ZAT GIZI


Kebutuhan energi pada manusia dapat dipenuhi dari asupan makanan bergizi yang cukup dan berimbang. Dikatakan sebagai cukup apabila makanan yang dikonsumsi memenuhi kuota kebutuhan energi tubuh, dan dapat dikatakan seimbang apabila makanan yang dikonsumsi mengandung berbagai zat gizi dengan jumlah dan proporsi yang tepat. Macam-macam zat gizi yang dibutuhkan sehari-harinya antara lain (1) karbohidrat, (2) Protein, (3) Lemak, (4) Vitamin, (5) Mineral dan (6) Air. Keenam zat gizi tersebut apabila diklasifikasikan menurut kegunaan dan fungsinya dapat dibagi menjadi 3, yaitu :
·         Karbohidrat, Lemak dan Protein
Merupakan zat-zat yang menghasilkan tenaga untuk aktifitas sehari-hari dan menghasilkan panas.
·         Protein, Mineral dan Air
Merupakan zat-zat pembangun tubuh, dalam arti zat-zat ini sebagai pengganti/pembangun jaringan tubuh yang rusak.
·         Garam-garam mineral, Protein, Vitamin-vitamin dan Air
Merupakan zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses metabolisme.

1.      KARBOHIDRAT
Karbohidrat adalah zat-zat gizi yang diperoleh dari makanan. Fungsi dari karbohidrat adalah sebagai sumber tenaga yang paling mudah untuk diurai, juga sebagai zat pengahasil tenaga utama dalam tubuh. Oleh karena fungsinya yang sedemikian penting maka jumlah asupan karbohidrat paling besar diantara zat-zat gizi lainnya, yaitu 50-55%. Karbohidrat dapat dibagi menjadi 2, yaitu Karbohidrat Kompleks (tepung, mie, roti, nasi, buah-buahan segar, dll) dan Karbohidrat Sederhana ( gula, sirup, permen, coklat, dll). Cadangan karbohidrat dalam tubuh disimpan dalam bentuk glikogen otot. Apabila saat beraktifitas cadangan glikogen otot menurut akibat kekurangan karbohidrat, hal ini akan menyebabkan mempercepat timbulnya kelelahan. Semakin berat bentuk aktifitas/olahraga yang dilakukan, maka semakin besar pula kebutuhan karbohidrat.

Olahraga biasa (>60 menit)
5-6 gram/kg BB
Olahraga sedang (1-2 jam, intensitas sedang-tinggi)
6-8 gram/kg BB
Olahraga endurance (>120 menit, intensitas tinggi)
9-10 gram/kg BB
Olahraga sangat berat (>4 jam, intensitas cukup tinggi)
11-13 gram/kg BB




2.      PROTEIN
Protein berfungsi untuk proses tumbuh kembang, mengganti sel tubuh yang rusak, serta untuk perkembangan otot selama pembinaan latihan. Selain itu protein dapat berfungsi sebagai sumber tenaga ketika cadangan karbohidrat berkurang. Kebutuhan akan protein berkisar antara 15-20%. Sedangkan untuk atlit yang berolahraga ringan 1.0 gram/kg BB/hari, dan berolahraga strength/endurance 1,2-1,6 gram/kg BB/hari. Asupan protein yang seimbang akan menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh, namun apabila asupannya berlebihan akan menambah beban fungsi hati dan ginjal.

3.      LEMAK
Komponen dasar lemak adalah trigliserida (gliserol+asam lemak) lemak dapat dibagi menjadi 3, yaitu lemak yang terlihat (mentega, lemak hewan), lemak yang tidak terlihat ( lemak daging, keju) dan bahan makanan rendah lemak (susu skim, yoghurt). Sedangkan asam lemak dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
·         Lemak Nabati (asam lemak tak jenuh)
Terkandung dalam minyak wijen, minyak jagung, minyak zaitun, minyak kacang, dll.
·         Lemak Hewani(asam lemak jenuh/Kolesterol)
Terkandung dalam kuning telur, daging, dll. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh dengan berlebihan akan memperbesar resiko mengidap penyakit jantung koroner dan kanker.

Kandungan energi pada lemak 2 kali lebih besar daripada pada karbohidrat dan protein, namun lebih sukar untuk diuraikan. Asupan per harinya berkisar antara 20-30%. Lemak memberi rasa, bentuk dan aroma pada makanan, serta melarutkan vitamin (vitamin A,D,E dan K).

4.      VITAMIN
Vitamin adalah senyawa organik yang berfungsi mengatur proses metabolisme serta melindungi sel dari kerusakan. Sebagian besar vitamin diperoleh dari mengkonsumsi makanan, hanya sebagian kecil yang dihasilkan tubuh. Vitamin dapat digolongkan menjadi 2, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A,D,E dan K) dan vitamin yang larut dalam air (kelompok vitamin B dan C).

5.      MINERAL
Mineral adalah senyawa anorganik yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Fungsinya adalah untuk pembentukan jaringan tubuh dan pengendali proses-proses fisiologik. Mineral dapat dibagi menjadi 2, yaitu Macromineral (Kalsium, Posfor, Potassium, Chloride, Sodium, magnesium, Sulfur) dan Mecromineral (Zat besi, Cu, Zinc, Selenium, Chromium). Jenis mineral yang penting bagi atlet adalah Fe/zat besi ( pembentuk hemoglobin) dan Kalsium (pembentukan tulang).

6.      AIR dan ELEKTROLIT
Air adalah kebutuhan tubuh no 2 setelah oksigen, saat berolahraga tubuh mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat. Rehidrasi sangat dibutuhkan untuk menjaga cairan tubuh tetap seimbang. Sedangakan elektrolit adalah cairan dalam tubuh dalam bentuk larutan, berfungsi sebagai penghantar rangsang saraf.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Zat Gizi silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2955/1/Klasifikasi%20Status%20Gizi%20Balita

    %20Berdasarkan%20Indeks%20Antropometri%20(BBU)%20Menggunakan%20Jaringan%20Syaraf%20Tiruan.pdf

    BalasHapus

Pengikut