Kamis, 16 Februari 2012

BOLA BASKET


BOLA BASKET
1.       LAPANGAN
Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan ukuran:
Panjang : 28 meter
Lebar : 15 meter
2.       TEKNIK DASAR
Teknik dasar permainan bola basket ada 5, yaitu :
a.       Dribble (menggiring)
Dribble adalah usaha membawa bola sedekat mungkin dengan ring sebelum ditembakkan atau melakukan lay up. Menurut tangan yang digunakan dribble dapat dibedakan menjadi dribble kanan dan dribble kiri. Sedangkan menurut pergerakannya dribble dapat dibedakan menjadi dribble statis (ditempat) dan dribble dinamis (bergerak). Ketika melakukan dribble, tangan yang digunakan untuk mendribble mendorong bola, bukan memukul, ke arah tanah sedangkan tangan lainnya melindungi bola dari lawan.
b.      Passing (mengumpan)
Teknik passing dalam bola basket ada 3, yaitu
-          Chest pass (umpan dada)
Chest pass adalah umpan kepada kawan dengan sasaran daerah dada kawan. Dilakukan dengan memegang bola didepan dada, kemudian dorong dengan sentuhan akhir jari memutar bola ke belakang.
-          Bounce pass (umpan pantul)
Bounce pass adalah umpan kepada kawan dengan sasaran area didepan kawan. Dilakukan dengan memegang bola didepan dada, kemudian dorong dengan memantulkan bola pada tanah. Sentuhan akhir jari memutar bola ke belakang.
-          Overhead pass (umpan lambung/atas)
Overhead pass adalah umpan kepada kawan dengan sasaran area atas kawan. Dilakukan dengan memegang bola diatas kepala, kemudian ayunkan bola dari belakang kearah depan, pergerakan bola melambung dan sentuhan akhir jari memutar bola ke belakang.
c.       Lay up shot
Lay up shot adalah teknik menembak bola dengan mendekatkan bola sedekat mungkin dengan ring. Dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
-          Lay up kanan
Dilakukan dengan mengangkat kaki kanan ketika melompat, tangan yang meletakkan bola sedekat mungkin dengan ring juga tangan kanan.
-          Lay up kiri
Dilakukan dengan mengangkat kaki kiri ketika melompat, tangan yang meletakkan bola sedekat mungkin dengan ring juga tangan kiri
d.      Shooting (menembak)
Shooting adalah teknik menembak bola dari jauh kearah ring. Teknik shooting dilakukan dengan satu tangan sebagai pendorong dan tangan lainnya sebagai penyeimbang. Gerakan fleksibel mulai dari kaki hingga ujung tangan ketika melepaskan bola.
e.      Pivot
Pivot adalah teknik mempertahankan bola dengan memegang bola menggunakan kedua tangan, satu kaki sebagai kaki tumpuan (tidak boleh dipindahkan lagi) dan kaki lainnya boleh bergerak 360°

3.       PERATURAN
a.       Jump ball : lemparan bola keatas oleh wasit ketika memulai pertandingan
b.      Throw in : lemparan bola kedalam setelah bola keluar/mati
c.       Free throw : tembakan bebas kearah ring dari area free throw (lingkaran di dalam area 3 poin shot) karena pelanggaran.
d.      Double : pelanggaran karena pemain mendribble bola kembali setelah berhenti dan memegang bola dengan 2 tangan.
e.      Travelling : pelanggaran karena pemain melakukan lebih dari 2 langkah setelah memegang bola dengan 2 tangan.
f.        Foul : pelanggaran yang diperlihatkan dengan isyarat mengepalkan tangan oleh wasit
g.       Time out : waktu istirahat selama 1 menit yang diminta oleh tim ditengah-tengah pertandingan.
h.      Quarter : istilah babak dalam bola basket, 1 quarter lamanya 15 menit. Tiap pertandingan terdapat 4 quarter.
4.       TAKTIK DAN STRATEGI
Taktik dan strategi bola basket dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
a.       Pertahanan
Taktik bertahan dalam bola basket ada 2 jenisnya, yaitu man to man (pertahanan satu orang menjaga satu orang) dan zone defense (pertahanan area). Dalam pertahanan area menggunakan formasi, contohnya pola 3-2, 2-1-2 dan 2-3
b.      Penyerangan
Taktik penyerangan dalam bola basket seringkali menggunakan pola seperti 1-2-2, 2-3, 2-2-1 dll. Selain itu serangan balik juga sering dilakukan, istilah serangan balik dalam bola basket adalah fast break.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut