Kamis, 16 Februari 2012

BOLA VOLI


BOLA VOLI
1.       LAPANGAN
Lapangan permainan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran :
Panjang : 18 meter
Lebar : 6 meter
Jarak garis serang dari net : 3 meter
2.       TEKNIK DASAR
Teknik dasar dalam bola voli ada 4, yaitu :
a.       Passing (mengumpan)
Teknik passing bertujuan untuk memberikan/menyajikan umpan kepada kawan untuk kemudian dismash, atau untuk menerima servis/smash dari lawan. Teknik passing ada 2 :
-          Passing bawah
Passing bawah adalah teknik passing yang dilakukan dengan mengayunkan kedua tangan yang menelangkup secara bersamaan dari bawah ke atas. Perkenaan bola pada lengan. Passing bawah biasa digunakan untuk menerima servis/smash yang keras dari lawan, atau bisa juga untuk memberi umpan pada kawan.
-          Passing atas
Passing atas adalah teknik passing yang dilakukan dengan mendorong kedua tangan ke atas menyongsong bola yang melambung. Perkenaan bola pada bagian jari. Passing atas (set-up) biasa digunakan untuk mengumpan/menyajikan bola pada kawan untuk dismash/menyerang.
b.      Servis
Servis adalah teknik yang digunakan ketika memulai permainan/setelah bola mati. Teknik servis pada dasarnya ada 2 :
a.       Servis bawah
Teknik servis bawah dilakukan dengan membawa bola pada tangan kiri, kaki kiri di depan kaki kanan dibelakang. Bola dilepas bersamaan dengan tangan kanan mengayun ke depan untuk memukul bola. Perkenaan bola pada kepalan tangan.
b.      Servis atas
Teknik servis atas dilakukan dengan bola tidak dilepas ke bawah, tetapi dilemparkan ke depan atas kepala dan dipukul dengan tangan terbuka, jari-jari rapat. Jenis servis atas ada 3, yaitu top-spin, back-spin, floatting.
c.       Blocking
Teknik blocking dilakukan untuk menahan serangan/smash dari lawan. Dilakukan dengan meloncat tinggi di depan net dengan tangan dijulurkan ke atas untuk menahan bola.
d.      Smash (spike)
Teknik smash/spike dilakukan untuk melakukan serangan yang sulit dikembalikan oleh lawan. Teknik smash mempunyai gerakan yang kompleks yang terdiri atas :
-          Awalan beberapa langkah
-          Dua langkah terakhir, kaki kanan kemudian kaki kiri, kemudian melakukan tolakan ke atas
-          Saat melayang pukul bola yang masih melayang diatas net.
-          Mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan.

1 komentar:

Pengikut